Selalu Sehat Setiap Hari

- -

Wanita Hamil



Ibu Hamil

                   Berdasarkan data WHO (1998), diperkirakan terdapat sekitar 100 juta kegiatan seksual dalam sehari yang menghasilkan 910.000 kehamilan. Dari angka tersebut, setengahnya tidak direncanakan dan seperempatnya belum diinginkan. Bahkan seperempat kehamilan tersebut yang sekitar 150.000 kehamilan tidak disukai dan sengaja digugurkan setiap harinya. Hanya dalam waktu satu tahun, angka tersebut telah bertambah menjadi 53 juta. Dari sumber yang sama, sekitar sepertiga hingga separuh wanita di dunia pernah menjalani aborsi. Angka kematian Ibu Hamil berkaitan dengan aborsi pun cukup besar.


                Penyebab kematian pada ibu hamil pada umumnya yaitu eklampsia, pendarahan dan penyakit infeksi.Ketiga penyebab tersebut juga berhubungan langsung dengan status gizi ibu. Ibu yang sedang hamil pun rawan untuk terkena anemia. Hal ini dapat terjadi salah satunya akibat dari rendahnya mutu pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan. Seperti terlihat berdasarkan data National Center for Health Statistics (NCHS), (1986), hanya sekitar 30% kelahiran yanng dibantu oleh ahli kesehatan terlatih. Selain itu, masih tingginya proporsi kurang kalori protein dan kekurangan vitamin A pada wanita hamil.Ketersediaan jumlah tablet suplemen zat besi dari program KIA masih kurang dari 90 tablet, dimana angka ini hanya cukup untuk 50% wanita hamil. Jadwal kerja puskesmas juga tidak sesuai dengan pola kesibukan wanita di pedesaan.

                Kekurangan gizi tidak hanya membahayakan si ibu, tetapi juga mengancam keselamatan janin. Wanita yang hamil disaat memiliki status gizi yang buruk, akan beresiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah 2 hingga 3 kali lebih besar bila dibandingkan dengan wanita hamil dengan status gizi baik. Selain itu juga akan memiliki kemungkinan bayi mati 1,5 kali lebih besar dibandingkan wanita hamil dengan status gizi baik. 


                Syukriah Usman

Leave a Reply