Selalu Sehat Setiap Hari

- -

Stimulasi Anak
   Memiliki anak yang sehat, cerdas, berperilaku baik dan semangat belajar dalam meniti masa depan adalah dambaan setiap orangtua. Tak hanya para orangtua, setiap bangsa juga mendambakan generasi penerus yang berkepribadian baik dan mampu bersaing sehat dalam kancah persaingan global. Untuk mendapatkan anak seperti yang didambakan, hendaknya para  orangtua melakukan stimulasi anak yang benar dan tepat.
Stimulasi anak adalah suatu aktivitas yang merangsang kemampuan dasar anak usia 0 – 6 tahun agar pertumbuhan fisik dan perkembangan mentalnya mencapai  tingkat perkembangan yang maksimal. Setiap anak membutuhkan stimulasi rutin sedini mungkin dan berkelanjutan. Stimulasi ini tak hanya dapat dilakukan oleh orangtua sang anak, tetapi juga dapat diberikan oleh anggota keluarga lain / orang-orang di sekitar sang anak. Dalam proses stimulasi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya yaitu: 
  •  Hendaknya stimulasi dilakukan dengan landasan rasa cinta dan kasih sayang yang tulus
  • Senantiasa menunjukkan sikap dan tingkah laku yang baik karena anak adalah peniru ulung. Anak dapat meniru tingkah laku orang-orang terdekatnya dengan mudah, meskipun itu perilaku buruk
  • Stimulasi yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan usia anak
  • Stimulasi hendaknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan anak seperti mengajak anak bermain, bernyanyi, membaca dan lain-lain, tanpa memaksa apalagi menghukumnya.
  • Hendaknya stimulasi dilakukan secara bertingkat dan terus menerus sesuai dengan usia anak. Stimulasi yang Anda berikan harus mencakup 4 aspek kemampuan dasar anak, yaitu kognitif, perkembangan fisik, bahasa dan sosio-emosional
  • Manfaatkan alat bantu / permainan sederhana yang aman dan ada di sekitar anak.
  • Berikan kesempatan yang sama pada anak laki-laki dan perempuan.
  • Senantiasa memberi senyuman dan pujian yang tulus pada anak jika ia berhasil, kalau perlu hadiahkan ia agar menambah rasa percaya dirinya.

Leave a Reply