Selalu Sehat Setiap Hari

- -


http://kesehatankita1.blogspot.com/2013/04/tips-jaga-kesehatan-pencernaan-pada-ibu.html
Kesehatan Pencernaan
Menjaga kesehatan pencernaan saat hamil merupakan keharusan. Pencernaan meruapakan salah satu sistem kerja tubuh yang paling dekat dengan rahim. Karenanya, menjaganya agar tetap tidak terjadi masalah akan sangat penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini adlah beberapa tips untuk ibu hamil agar terhindar dari gangguan pencernaan selama masa kehamilan.


Ngemil saat Hamil

Ngemil memang boleh-boleh saja. Namun, bukan berarti Anda boleh sembarangan makan cemilan yang mengandung banyak zat berbahaya. Untuk bisa tetap mengemil namun sehat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, Anda sebaiknya menghindari keripik kentang yang renyah. Secara tekstur memag tidak ada masalah. Namun, Anda sebaiknya memaksimalkan waktu saat mengunyah untuk memudahkan lambung mencerna makanan.  Cemilan yang disarankan untuk Anda adalah roti gandum atau roti biasa yang banyak memberikan asupan nutrisi. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk lebih banyak minum susu hangat, terutama jika sering mengalami susah tidur atau insomnia.

Jika Mengalami Sembelit

Jika gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare sudah tidak dapat dihindarkan, Anda sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ini. Pertama, konsumsi air putih yang banyak. Jangan biarkan Anda dehidrasi karena terlalu sering buang air besar akibat diare. Jika perlu, pastikan Anda mengonsumsi air putih paling tidak 12 sehari. Selain itu, Anda sebaiknya juga tetap menjaga asupan makanan yang bergizi untuk menjaga energi. Jika tidak ada perubahan, segera hubungi dokter.

Leave a Reply